Rabu, 28 November 2012

Turkey the living history ( Part 3 )


Salju di Turkey...? apakah saya gila...? memang benar di luar sana udara dingin sekali namun rasanya belum minus derajat jadi belum pantas untuk turun salju. Benar saja, teman sebangku saya di perjalanan ini bilang yang barusan kami lewati adalah Cotton Castle. Dari kejauhan sebuah bukit yang berundak undak itu terlihat begitu gagah dan megah. Indah sekali.

Ya, perjalanan saya kali ini telah sampai pada sebuah tempat bernama Pamukalle, sesungguhnya Pamukalle merupakan sebuah situs alami yang terbentuk oleh sedimentasi mineral karbon dioksida yang telah berlangsung sangat lama. Proses ini lah yang akhirnya  membentuk istana bak terbuat dari kapas yang menglirkan air hangat. Udara di Pamukalle yang menyentuh 5 derajat celcius pun tak lagi terasa dingin.

Beberapa kawanan angsa yang menggemaskan terlihat asik sekali berenang di balik bukit Pamukalle. Seolah hendak menari diatas jernihnya air danau. Cantik sekali harmoni kehidupan yang begitu menenangkan.

Pamukalle terletak di provinsi Denizli. Pamukalle sendiri dahulunya lebih dikenal sebagai Hierapolis. Sebuah kota kuno peninggalan Romawi yang dulu begitu termahsyur. Berdasarkan keterangan masyarakat setempat Pamukalle merupakan tempat mandi para raja di zaman kerajaan Romawi kuno. Itu sebabnya sampai saat ini pun masih banyak wisatawan yang datang ketempat ini untuk sekedar berendam di hangatnya air danau. Saya pun segera membuka alas kaki saya untuk sekedar merendamkan kaki untuk sejenak bersantai dan melepaskan keletihan selama diperjalanan. Airnya hangat sekali, dan mampu membuat syaraf di telapak kaki saya terasa lebih baik. Konon, setiap kali kita merendamkan tubuh kita di kolam "cotton castle" ini kita akan bertambah muda sepuluh tahun....wow menyenangkan bukan?.


Tak terasa hari sudah semakin larut. Semburat sinar mentari sudah mulai terlihat malu malu seirama dengan awan yang mulai tampak kemerahan. Sebelum awan menghitam dan benar benar menggelapkan tempat ini saya sempatkan sejenak mengabadikan suasana di Pamukalle dengan beberapa bidikan kamera. Benar benar keindahan yang tak akan pernah saya lupakan.







...........................bersambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar