Rabu, 28 November 2012

Turkey the living history ( Part 4 )

Gunaydiin bapak ibu semua, sapa si Sarkant mencoba mengatakan selamat pagi kepada semua rombongan, Ya, Sarkant adalah tour leader kami kali ini. How's your sleep..? today we are going to see the Troy monument, mungkin bapak ibu semua sudah pernah menyaksikan film Troy yang di bintangi oleh Brad Pit..? ya, hari ini kita akan menuju Canakkale, sebuah daerah pesisir pantai yang tenang untuk sejenak melihat seperti apakah patung atau monument Troy tersebut. Monumen yang kini berdiri kokoh disana adalah Replika, pemberian sebuah perusahaan film Holywood yang telah sukses mengangkat cerita kepahlawanan masyarakat Yunani.

Perjalanan dari Istanbul menuju Canakkale memakan waktu sekitar 5 jam, rata rata perjalanan di sini menjadi lama sebab pengemudi bus wisata memang menjaga kecepatan laju kendaraannya. Entahlah mungkin hal ini dilakukan guna memberi kesempatan kepada para wisatawan untuk menikmati pemandangan disepanjang perjalanan.  Bagi saya yang biasa setir sendiri, bus ini terasa membosankan, ingin rasanya menyuruh si Ibrahim (nama supir kami) untuk pindah ke belakang dan saya yang menggantikan, Grrrrrrrr.
Setelah kurang lebih 3,5 jam perjalanan di Istanbul, kami tiba di laut Marmara, di sini kami harus menyebrang dengan ferry selama 30 menit. Gambaran suram tentang kondisi kapal butut dan joroknya dek kapal serta kesemrawutan pedagang asongan tentu saja tidak saya temukan selama penyebrangan. Sebaliknya justru saya benar benar menikmati penyebrangan ini sebab selama penyebrangan kami di ikuti oleh sekumpulan burung-burung Camar yang lincah menari diatas awan..
 
Setelah melalui 30 menit penyebrangan dan 1,5 jam perjalanan menuju Troy, akhirnya kami sampai. Di kejauhan telah tampak sebuah patung kuda berwarna hitam yang konon merupakan bagian dari strategi perang. Perang Troya berawal dari perselisihan antara dewi Athena, Hera dan Aphrodite, ketiga dewi ini memperebutkan tahta siapakah yang tercantik diantara mereka, kemudian Zeus sebagai rajanya para dewa mengirim para dewi itu kepada Paris. Konon Paris dipercaya sebagai pria paling tampan dimuka bumi (setelah saya tentunya). Singkat cerita Paris memilih Aphrodite sebagai "yang tercantik," Sebagai balasannya, Aphrodite mengirim Helene, wanita cantik yang ternyata Istri dari Menelaos seorang raja Sparta, untuk jatuh cinta kepada Paris.


do i look like Paris..? the most handsome men in the universe..?
Helena sebenarnya adalah saudara perempuan Paris, Mereka berdua Merupakan anak raja namun kala itu semua anak laki laki harus dibunuh. Oleh karena itulah saat Paris masih kecil ayahnya memerintahkan seorang tentara kerajaan untuk membunuh Paris, namun sang tentara tidak tega melakukan pembunuhan tersebut. Sampai pada akhirnya Paris ditemukan dan dibesarkan oleh sebuah keluarga gembala di daerah pegunungan Ida. Paris kemudian membawa Helene ke Troya. Akibat perbuatannya, Menealus sang suami Helena juga raja dari kerajaan Sparta mengirim Pasukan Akhaia untuk  memimpin suatu ekspedisi ke Troya dan mengepung kota itu selama sepuluh tahun. Pasukan Akhia disembunyikan di dalam sebuah patung kuda yang besar sehingga mampu mengecoh dan melewati barisan pertahanan bangsa Troya. Perang yang aneh bukan..?.

Pernah dengar dan tahu virus di komputer yang diberi nama Trojan kan...? nah nama Trojan itu diambil dari kata Troy ini yang kurang lebih diartikan virus yang menyerang komputer anda secara diam diam. Persis seperti pasukan Akhia yang diam diam menyusup di dalam patung kuda Troy. Hehehe. Patung Troy ini terletak persis di pesisir laut Aegean, letaknya di Propinsi Canakkale. Angin laut yang berhembus semilir, debur ombak yang sesekali memecah kesunyian dan burung camar yang terbang dengan anggun benar benar menyempurnakan suasana saat itu. Sesegera mungkin saya mengambil kamera dan inilah beberapa hasilnya.

bersih dan teratur


Tidak ada komentar:

Posting Komentar