Senin, 18 Juni 2012


Semburat Mentari Di Negeri Laskar Pelangi (taken from AFOI)

Negeri Laskar Pelangi, begitulah Belitung banyak dikenal masyarakat saat ini. Sejak film Laskar Pelangi meledak di bioskop-bioskop, pulau Belitung memang bagaikan primadona baru pariwisata di Indonesia. Bersama beberapa teman, saya pun sampai juga disini...



Konon nama pulau Belitung diambili dari nama sejenis hewan laut. Pulau ini terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu Kabupaten Belitung, ber-ibukota di Tanjung Pandan, dan Belitung Timur yang ber-ibukota di Manggar. Sebagian besar penduduk disini adalah nelayan, terutama yang tinggal di kawasan pesisir pantai, mereka sudah sangat akrab dengan kehidupan bahari.



Biasanya kalau kita ke Belitung, aktifitas akan terpusat di Belitung Barat, karena disinilah terdapat pantai pantai yang cantik, salah satunya adalah pantai Tanjung Kelayang yang merupakan akses untuk menuju  pulau-pulau kecil lain seperti yang kita lihat di film Laskar Pelangi. Sebaiknya kita tidak tergesa gesa, luangkanlah waktu seharian khusus untuk menyinggahi satu demi satu pulau-pulau cantik di Belitung, terlebih bila kita hendak menyaksikan betapa cantiknya matahari terbenam sambil menikmati segarnya air kelapa muda yang langsung diambil dari pohon. Ya saat itu saya memang beruntung, sang pengemudi perahu kami berhasil memanjat sebuah pohon kelapa di pulau Babi Kecil dan kemudian mengambilkan kelapa muda segar untuk kami nikmati. Wah benar benar pengalaman menyaksikan matahari terbenam yang tak akan terlupakan.

2 komentar:

  1. fotonya bagus saya suka langit belitung, pengen banget kesini tapi masih belum kesampaian :)

    BalasHapus
  2. termakasih Mareta Kusumaningrum...saya juga demikian bahkan semua photo di avatar blog saya adalah pesona langit di Belitung...luar biasa memang. mudah mudah kelak kamu bisa sampai disini.

    BalasHapus